About Me

My Photo
BLOGNYA ELHY
makassar, sulawesi selatan, Indonesia
profesi yang menjadi pilihan hidup, dan sangat bangga sebagai seorang perawat. berekspresi, berkreasi, dan berinovatif.... semangat selalu .......
View my complete profile

Followers

Text Widgets

Ketika kau telah menetapkan target yang hendak kau capai, lakukankah, selangkah demi selangkah hingga engkau raih tujuanmu dan Lakukanlah dengan konsisten.
Awalnya memang sulit, namun betapa bahagianya dirimu ketika kau mampu meraihnya.

SELALU SEMANGAT & OPTIMIS
DISERTAI ACTION AND CONSISTENT.

Come On...!!!
Langkahku kini menentukan arah hidupku
arah hidupku menentukan tujuanku
kini adalah saat ini dan waktupun terus bergulir
tapak demi tapak
detik demi detik
tak ada yang tahu kapan terhenti

sedetik begitu berharga
selangkah begitu berarti
tujuanku tercapai
saat ku mulai langkahku saat ini

Created: semangat YA (blognya elhy)

Another Templates

Location...

Pages

Powered By Blogger
Friday, March 21, 2008

PostHeaderIcon PERAWATAN IBU DAN KEHAMILAN


Pendidikan tentang Perawatan Diri

Wanita mengalami beberapa ketidaknyamanan atau perubahan baru seiring dengan adaptasi maternal yang dialaminya pada trimester kedua. Konseling tentang seksualitas dan pemajanan terhadap alkohol, asap rokok, dan substansi lain diberikan sesuai kebutuhan. Wanita yang telah dipersiapkan untuk menghadapi perubahan emosi kemungkinan lebih yakin bahwa perubahan tersebut merupakan sesuatu yang lazim atau alami dan mereka lebih terbuka untuk membicarakan reaksi mereka. Apabila gangguan psikologis berat, dibutukan rujukan untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Pantang Diet Hamil

Pada dasarnya dianjurkan akanan empat sehat lima sempurna. Karena kebutuhan akan protein dan bahan makanan tinggi, dianjurkan tambahan sebutir telur sehari. Nilai gizi dapat ditentukan dengan bertambahnya beratbadan sekitar 6,5 sampai 15 kilogram selama hamil. Berat badan yang bertambah terlalu besar tau kurang perlu mendapat perhatian khusus karena kemungkinan terjadi penyulit kehamilan. Kenaikan berat badan tidak boleh lebih dari ½ kg/minggu.

Pekerjaan Rumah Tangga

Pekerjaan rutin dapat dilaksanakan. Bekerja sesuai dengan kemampuan, dan makin dikuranngi dengan semakin tua kehamilan.

Wanita Bekerja di Luar Rumah

Partisipasi wanita dalam pembangunan makin besar sehingga banyak wanita karir. Kehamilan bukanlah merupakan hangan untuk berkarya asalkan dikerjakan dengan pengertian sedang amil. Wanita karir yang hamil medapat hak cuti hamil selama tiga bulan, yang dapat diambil sebulan menjelang kelahiran dan dua bulan setelah persalinan. Selama hamil perhatikan hal-hal yang dapat membahayakan kelangsungan hamil, dan segera memerikasakan diri.

Hubungan Seksual

Hamil bukan halangan untuk melakukan hubungan seksual. Hubungan seksual disarankan untuk dihentikan bila:

· Terdapat tanda infeksi dengan pengeluaran cairan disertai rasa nyeri atau panas.

· Terjadi perdarah saat hubungan seksual.

· Terjadi pengeluaran cairan (air) yang mendadak.

· Hentikan hubunga seksual pada mereka yang sering mengalami gugur kandung, persalinan sebelum watunya, mengalami kematian dalam kandungan, sekitar dua minggu menjelang persalinan.

Olahraga saat Hamil

Pelaksanaan olah raga saat hamil merupakan kontroversi. Dengan pengertian perlu pertimbangan. Olahraga mutlak dikurangi bila dijumpai:

  • Sering mengalami keguguran
  • Persalinan belum cukup bulan
  • Pada mereka yang mempunyai sejarah persalinan sulit
  • Pada ksus infertilitas
  • Umur saat hamil relatif tua (primi tua)
  • Hamil dengan perdarahan dan mengeluarkan cairan

Pakaian

Pakaian longgar yang nyaman adalah yang terbaaik. Disarankan yang berbahan katun sehingga mempunyai kemampuan menyerap terutama pakaian dalam. Bra dan ikat pinggang ketat, celana pendek ketat, ikat kaos kaki, pelindung lutut yang ketat, korset, dan pakaian ketat lain harus dihindari. Konstruksi bra untuk ibu hamil dibuat untuk mengakomodasi peningkatan berat payudara, lingkar dada, dan ukuran jaringan ekor payudara (di bawah lengan). Bra ini dilengkapi dengan penutup yang dapat dibuka dibagian depan puting susu sehingga memfasilitasi ibu saat menyusui bayinya. Bra yang baik dapat membantu untuk mencegah nyeri leher dan punggung. Pakaian dalam sering diganti untuk menjaga kebersihan dan mengahalangi suasana lembab di sekitar pelipatan. Kaos kaki penyokong dapat sangat membantu memberi kenyamanan pada wanita yang mengalami varises. Sepatu dengan tumit yang sangat tinggi tidak dianjurkan karena pusat gravitasi wanita berubah. Ia cenderung kehilangan keseimbangan. Nyeri dan kram kaki diperburuk oleh sepatu yang tidak memberi sokongan.

Postur dan mekanika tubuh

Pusat gravitasi wanita hamil berubah. Sendi panggul melunak dan meregang; tekanan terutama pada otot abdomen. Postur dan mekanika tubuh yang buruk menimbulkan ketidaknyamanan dan meningkatkan kemungkinan cedera.

Mandi

Mandi berendam diperbolekan bahkan pada kehamilan tahap akhir karena air tidak akan memasuki vagina kecuali diberi tekanan. Namun mandi berendam dikontraindikasikan setelah ketuban pecah. Mandi dibawah pancuran dan mandi air hangat dapat bersifat terapeutik karena membuat otot-otot yang lelah relaksasi, membantu mengatasi insomnia, dan membuat wanita hamil merasa segar.

Pemeliharaan Payudara

Payudara dipersiapkan untuk dapat memberikan laktasi, perlu perhatian yang seksama. Dengan pakaian dalam (BH) yang longgar, maka perkembangan payudara tidak terhalang. Puting susu penting diperhatikan agar tetap bersih. Puting susu perlu ditarik-tarik sehingga menonjol dan memudahkan untuk mengeluarkan ASI. ptuing susu yang terlalu masuk dikeluarkan dengan jalan operasi atau pompa susu.

Pengawasan Gigi

Saat hamil sering terjadi karies yang berkaitan dengan emesis-hiperemesis gravidarum. Memeriksakan diri saat hamil diperlukan untuk mencari kerusakan gigi yang dapat menjadi sumber infeksi.

Istirahat dan Relaksasi

Wanita hamil dianjurkan untuk merencanakan periode istirahat yang teratur khususnya seiring kemajuan kehamilannya. Posisi miring kiri dianjurkan untuk meningkatkan perfusi uterus dan oksigenasi fetoplasenta dengan mengurangi tekanan pada vena kava asenden (hipotensi supine). Ibu diajarkan cara untuk bangkit dari posisi miring kiri secar perlahan untuk menghindari ketegangan pada punggung dan meminimalkan hipotensi yang disebabkan oleh perubahan posisi. Untum meregangkan dan merelaksasi otot punggung, perawata dapat menginstruksikan ibu untuk melakukan hal berikut:

· Berdiri di belakang sebuah kursi. Gunakan sandaran kursi untuk tempat berpegang dan mengatur keseimbangan tubuh. Jongkok selama 30 detik; berdiri selam 15 detik. Ulangi 6 kali, beberapa kali sehari, atau sesuai kebutuhan.

· Sambil duduk di kursi, tundukkan kepala ke arah lutut selama 30 detik. Angkat kepala. Ulangi 6 kali, beberapa kali sehari, sesuai kebutuhan.

Relaksasi adalah upaya membebaskan pikiran dan tubuh dari ketegangan melalui latihan dan upaya sadar. Relasasi yang dilakukan dengan sadar dapat memberi keuntungan sbb:

Ø Menghilangkan rasa tidak nyaman normal yang berhubungan dengan kehamilan

Ø Menurunkan stres seingga rasa nyeri selam siklus usia subur menurun.

Ø Meningkatkan kesadaran diri dan keyakinan pada kemampuan diri dalam mengendalikan fungsi dan respon diri sendiri.

Ø Koping terhadap stres sehari-hari, baik hamil maupun tidak.

Keadaan Darurat pada Kehamilan

Keadaan darurat saat hamil yang mengaharuskan ibu hamil untuk memeriksakan diri adalah

  1. Berkaitan dengan janin
    • Badan panas disertai dengan tanda infeksi lainnya.
    • Gerak janin tersa berkurang atau menghilang
    • Perut terasa semakin kecil
  2. Berkaitan dengan keadaan ibu
    • Mual dan muntah berlebih
    • Terjadi pengeluaran abnormal: cairan medadak, lendir apalagi bercmpur darah, perdarahan
    • Tanda subjektif gestosis: sakit kepala, pemandangan kabur, nyeri pada epigastrium, pembengkakan tanagn, muka, kelopak mata dan kaki, air seni berkurang.
    • Sakit perut mendadak
    • Terjadi tanda-tanda inpartu: parut sakit disertai pengeluaran.

0 comments:

Indahnya kesabaran itu....

Bismillah….,

sabarlah dengan kesabaran yan indah, alangkah dekat jalan keluarnya, barangsiapa yang selalu muroqobah dengan Allah dalam semua urusan, pastilah selamat. Siapa yang membenarkan Allah, niscaya segala rintangan tidak akan mengenainya.

Bertawakkallah pada Allah karena hanya KepadaNya hendaknya orang-orang mu’min bertawakkal. Mohon pertolongan dengan sholat dan sabar. Semoga Allah memerikan pertolonganNya kepada kita semua dan memudahkan segala urusan. Semoga kita semua diberi kemudahan untuk mengamalkannya dan menyampaikan.

Langkah tuk meraih masa depan

Dihadapkanku atas pilihan

langkah yang menentukan arah....

setiap langkah berarti masa depanku

Ya Allah ku memohon yang terbaik dariMu

dalam meraih masa depanku.................

Selalu yang terbaik dariMu

Ku berdo’a kepada Allah,

Minta bunga tapi di beri kaktus berduri

Minta kupu2 tapi diberi ulat

Ku sedih dan kecewa

Namun

Tiba-tiba

Kaktus itu berbunga cantik sekali

Ulat itu berubah jadi kupu2 yang indah sekali.

Begitulah kasih sayang Allah

Karena Allah selalu menjawab do’a hambanya

Ga selalu dengan Ya,

Tapi selalu dengan yang TERBAIK

Rank....

Give Your Comment Here

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Ingat Waktu ya

Links

Kuwait

Kuwait