About Me

My Photo
BLOGNYA ELHY
makassar, sulawesi selatan, Indonesia
profesi yang menjadi pilihan hidup, dan sangat bangga sebagai seorang perawat. berekspresi, berkreasi, dan berinovatif.... semangat selalu .......
View my complete profile

Followers

Text Widgets

Ketika kau telah menetapkan target yang hendak kau capai, lakukankah, selangkah demi selangkah hingga engkau raih tujuanmu dan Lakukanlah dengan konsisten.
Awalnya memang sulit, namun betapa bahagianya dirimu ketika kau mampu meraihnya.

SELALU SEMANGAT & OPTIMIS
DISERTAI ACTION AND CONSISTENT.

Come On...!!!
Langkahku kini menentukan arah hidupku
arah hidupku menentukan tujuanku
kini adalah saat ini dan waktupun terus bergulir
tapak demi tapak
detik demi detik
tak ada yang tahu kapan terhenti

sedetik begitu berharga
selangkah begitu berarti
tujuanku tercapai
saat ku mulai langkahku saat ini

Created: semangat YA (blognya elhy)

Another Templates

Location...

Pages

Powered By Blogger
Monday, March 24, 2008

PostHeaderIcon DEKUBITUS

PENDAHULUAN

  1. Dekubitus dapat terjadi pada setiap umur, tetapi hal ini merupakan masalah yang khusus pada lanjut usia, kekhususannya terletak pada insiden kejadiannya yang erat kaitannya dengan imobilitas. Istilah dekubitus diambil dari bahasa latin decumbere yang artinya berbaring.
  2. Dekubitus merupakan salah satu masalah yang sangat penting pada lanjut usia. Istilah lengkapnya ialah gangraena dekubitus.
  3. Dekubitus merupakan suatu hal yang serius dengan angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi pada penderita lanjut usia, dinegara-negara maju presentase terjadinya dekubitus mencapai 11% dan terjadi dalam 2 minggu perawatan.

DEFENISI

Dekubitus adalah kerusakan/kematian kulit sampai jaringan dibawah kulit, bahkan menembus otot sampai mengenai tulang akibat adanya penekanan pada suatu area yang berlangsung terus menerus sehingga mengakibatkan peredaran darah setempat terhenti sehingga terjadi nekrosis.

Lokasi terjadinya dekubitus : (tempat di atas tonjolan tulang dan tak dilindungi dengan cukup lemak subkutan)

  • Sacrum
  • Trokhanter mayor
  • Spina ischiadica superior-anterior belakang
  • Tumit
  • Siku
  • Kepala bagian

Penyebab dan factor resiko :

1. factor intrinsic, antara lain:

o status gizi, underweight atau overwight

o anemia

o hipoalbuminemia

o penyakit-penyakit neurologik

o keadaan hidrasi/cairan tuuh yang kurang

2. factor entrinsik, antara lain:

o kebersihan tempat tidur

o alat-alat tenun yang kusut dan kotor

o peralatan medik sehingga penderita terfiksasi pada suatu sikap tertentu

3. komplikasi akibat imobilisasi

factor resiko utama terjadinya immobilisasi adalah:

· kontraktur, demensia berat, osteoporosis, fraktur, ulkus

· gangguan penglihatan

· rasa nyeeri pada tulang, otot, sendi

· rasa lemah yang sering kali disebabkan oleh malnutrisi, gangguan elektrolit, anemia, otot tidak gunakan, gangguan neurology (stroke, kehilangan reflek tubuh, neuropati karena DM, malnutrisi dan gangguan vestibuloserebral)

· kekakuan yang sering disebabkan oleh osteoatritis, Parkinson, arthritis rheumatoid, gout, dan obat-obat anti psikotik

· rasa takut jatuh, tidak adanya alat Bantu

· tidak sadar karena pembiusan, pembedahan, koma

TANDA DAN GEJALA DEKUBITUS

Mula-mula kulit tampak kemerahan yang tidak hilang setelah tekana ditiadakan pada tahap dini ini, tidak terlihat nekrosis sebab permukaan kulit masih utuh.

Iskemik dan nekrosis sudah terjadi pada lapisan dalam tetapi baru terlihat setelah beberapa hari berupa kulit yang kemerahan dan mengelupas sedikit. Kemudian terlihat suatu defek kulit. Setelah 1 minggu/10 hari, luas nekrosis kulit dan batasnya menjadi jelas. Biasanya nekrosis ini mencapai tulang atau fascia di dasarnya.

PENAMPILAN KLINIS DEKUBITUS DIBAGI MENJADI

  1. Derajat I : reaksi peradagan masih terbatas pd epidermis. Tampak sebagai daerah kemerahan atau eritema indurasi atau lecet.
  2. Derajat II : reaksi yang lebih dalam lagi sampai mencapai seluruh dermis hingga lapisan lemak subkutan.Tampak sebagai ulkus yang dangkal, dengan tepi yang jelas dan perubahan warna pigmen kulit.
  3. Derajat III : ulkus menjadi lebih dalam, meliputi jaringan lemak subkutan dan menggaung, berbatasan dengan fascia dari otot-otot. Sudah mulai didapat infeksi dengan jaringan nekrotik yang berbau.
  4. Derajat IV : perluasan ulkus menembus otot sehingga tampak tulang di dasar ulkus yang dapat mengakibatkan infeksi pada tulang atau sendi.

PEMBAGIAN TIPE ULKUS DEKUBITUS

  1. Tipe normal : Beda temperature sampai di bawah 2,5C dibanding kulit di sekitarny dan akan sembuh dalam perawatan sekitar 6 minggu. Ulkus ini terjadi karena iskemia jaringan setempat akibat tekanan, tetapi aliran darah dan pembuluh2 darah baik
  2. Tipe arteriosklerotik : beda temperature kurang dari 1C anatara daerah ulkus dan kulit sekitarnya, dan dengan perawatan diharapkan sembuh dalam 16 minggu. Ulkus ini terjadi karena gangguan aliran darah akibat penyakit pd pembuluh darah (arteriosklerotik) ikut berperan di samping factor tekanan.
  3. Tipe terminal : ulkus dekubitus tipe terminal terjadi pd penderita yg akan meninggal dan tdk dpt disembuhkan.

PENATALAKSANAAN

Pencegahan yg digunakan untuk mencegah terjadinya luka dekubitus terdiri dari 3 kategori :

1) Perawatan kulit dan penanganan dini

· Diawali dgn kewaspadaan untuk mencegah terjadinya dengan mengenal penderita yg beresiko tinggi terjadi dekubitus

· Meramalkan akan terjadinya dekubitus dengan memakai skor Norton. Skor di bawah 14 mwnunjukkan adanya resiko tinggi terjadinya dekubitus

· Menjaga kebersihan kulit penderita dgn memandikan setiap hari

· Meningkatkan status kesehatan penderita

· Mengurangi/meratakan factor tekanan yg mengganggu aliran darah

2) Penggunaan berbagai matras atau alas kaki

· Cara tradisional untuk memperbaiki keadaan suatu ulkus dekubitus, misalnya dengan pemberian madu pd luka ulkus dekubitus

· Kasur khusus untuk lebih membagi rata tekanan yg terjadi pd tubuh penderita

· Regangan pd kulit dan lipatan kulit yg mnyebabkan sirkulasi darah setempat terganggu, dapat dikurangi antara lain dengan cara :

a. Menjaga posisi pasien, dgn ditidurkan rata di tempat tidurnya, sudah dpt didudukkan di kursi

b. Bantalan dari balok penyangga dari kedua kaki, bantal2 kecil untuk menahan tubuh penderita, “kue donat”(dekubitus ring) untuk tumit, dapat mendukung usaha pencegahan dan pengobatan dekubitus.

3). Edukasi pasien

Tim medis yg terlibat di dalam edukasi pasien agar lebih menyadari bahwa tindakannya dlm upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pasien untuk mencegah terjadinya luka dekubitus, akan sangat mempengaruhi dlm melakukan tindakan2 untuk mencegah terjadinya dekubitus

KESIMPULAN

Dekubitus terjadi akibat iskemi jaringan yg berlanjut. Tekanan menyebabkan iskemi jaringan dan hal ini lebih berat terjadi bila tubuh dibaringkan pd suatu permukaan yg tidak mengikuti seluruh lekukan bagian tubuh yg di bawah.

Sebagai dasar dr semua factor penyebab di atas adalah immobilitas. Bila dapat diusahakan pemerataan kontak bagian2 tubuh dgn permukaan alas tidur akan dpt mengurangi besarnya factor tekanan

Keadaan umum yg jelek ditambah suplai darah ke jaringan berkurang pd lanjut usia juga mempunyai peran untuk terjadinya iskemi jaringan dan timbulnya dekubitus

Pengelolaan diawali dgn kewaspadaan mengenal penderita dgn resiko tinggi terjadi dekubitus. Suatu system skor, skor dari Norton cukup praktis untuk penapisan awal dan penilaian selanjutnya dlm kaitan dgn resiko dekubitus. Setelah terjadi dekubitus, tindakan medik disesuaikan dgn sytadium atau derajat dari dekubitus yg dihadapi.

0 comments:

Indahnya kesabaran itu....

Bismillah….,

sabarlah dengan kesabaran yan indah, alangkah dekat jalan keluarnya, barangsiapa yang selalu muroqobah dengan Allah dalam semua urusan, pastilah selamat. Siapa yang membenarkan Allah, niscaya segala rintangan tidak akan mengenainya.

Bertawakkallah pada Allah karena hanya KepadaNya hendaknya orang-orang mu’min bertawakkal. Mohon pertolongan dengan sholat dan sabar. Semoga Allah memerikan pertolonganNya kepada kita semua dan memudahkan segala urusan. Semoga kita semua diberi kemudahan untuk mengamalkannya dan menyampaikan.

Langkah tuk meraih masa depan

Dihadapkanku atas pilihan

langkah yang menentukan arah....

setiap langkah berarti masa depanku

Ya Allah ku memohon yang terbaik dariMu

dalam meraih masa depanku.................

Selalu yang terbaik dariMu

Ku berdo’a kepada Allah,

Minta bunga tapi di beri kaktus berduri

Minta kupu2 tapi diberi ulat

Ku sedih dan kecewa

Namun

Tiba-tiba

Kaktus itu berbunga cantik sekali

Ulat itu berubah jadi kupu2 yang indah sekali.

Begitulah kasih sayang Allah

Karena Allah selalu menjawab do’a hambanya

Ga selalu dengan Ya,

Tapi selalu dengan yang TERBAIK

Rank....

Give Your Comment Here

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Ingat Waktu ya

Links

Kuwait

Kuwait